Kawatnya berwarna merah kuning biru. Penunjukan L dan N di listrik

Transisi ke tegangan biasa 220 V dilakukan selama tahun-tahun Uni Soviet dan berakhir pada akhir 70-an, awal 80-an. Jaringan listrik pada waktu itu dibuat dengan menggunakan skema dua kawat, dan isolasi kabelnya berwarna monofonik, didominasi warna putih. Belakangan, muncul peralatan rumah tangga yang meningkatkan kapasitas, membutuhkan landasan.

Skema koneksi secara bertahap diubah menjadi koneksi tiga kawat. GOST 7396.1-89 membakukan jenis-jenis power fork yang membuatnya lebih dekat dengan yang ada di Eropa. Setelah runtuhnya Uni Soviet, standar baru diadopsi, berdasarkan persyaratan Komisi Elektroteknik Internasional. Secara khusus, untuk meningkatkan keselamatan saat bekerja di jaringan listrik dan menyederhanakan pemasangan, gradasi warna kabel diperkenalkan.

Basis normatif

Dokumen utama yang menjelaskan persyaratan untuk pemasangan jaringan listrik adalah GOST R 50462-2009, yang didasarkan pada standar IEC 60446: 2007. Mereka menyangkut produsen produk kabel, konstruksi dan organisasi operasi, yang kegiatannya terhubung dengan pemasangan jaringan listrik.

Persyaratan instalasi yang diperluas dapat ditemukan di Aturan Instalasi Listrik. Mereka memberikan urutan koneksi yang disarankan, dengan mengacu pada GOST-R pada titik-titik mengenai gradasi warna.

Kebutuhan pemisahan dengan warna

Sistem dua kawat menyiratkan adanya fase dalam jaringan dan nol. Colokan untuk stopkontak ini digunakan datar. Peralatan diatur sedemikian rupa sehingga koneksi peran yang benar tidak dimainkan. Tidak masalah yang kontak fase akan diterapkan, peralatan akan mencari tahu sendiri.

Dengan sistem tiga kawat, kehadiran kabel tanah juga disediakan. Paling baik, kabel yang salah, akan menyebabkan operasi permanen dari perangkat pelindung, paling buruk - untuk merusak peralatan dan api. Penggunaan gradasi warna untuk core memungkinkan menghilangkan kesalahan selama instalasi dan menghilangkan kebutuhan untuk instrumen khus yang

Sistem tiga kawat

Mari kita lihat pada bagian kawat tiga kawat, yang digunakan untuk meletakkan jaringan listrik rumah tangga.


Warna kabel menunjukkan di mana fase, nol dan bumi berada. Selain itu, gambar menunjukkan simbol huruf yang khas digunakan dalam rangkaian listrik. Mengambil gambar seperti itu di tangan, Anda dapat menentukan secara visual ketepatan sambungan.

Mari kita lihat GOST dan lihat bagaimana kode warna dari kabel yang ditunjukkan pada gambar memenuhi persyaratan. Paragraf 5.1 dari ketentuan umum menjelaskan dua belas warna yang akan digunakan untuk menandai.


Sembilan warna dialokasikan untuk menunjuk konduktor fase, satu untuk nol dan dua untuk grounding. Standar ini menyediakan penerapan kawat tanah dalam desain kuning-hijau gabungan. Aplikasi stripes longitudinal transversely diperbolehkan, dengan warna dominan ini tidak boleh menempati lebih dari 70% dari area jalinan. Penggunaan terpisah dari warna kuning atau hijau pada lapisan pelindung secara tegas dilarang oleh paragraf 5.2.1.

Skema ini digunakan untuk koneksi fase tunggal, cocok untuk sebagian besar peralatan listrik. Hampir tidak mungkin untuk bingung di dalamnya, dengan kawat berlabel yang benar.

Sistem lima kawat

Kabel tiga kawat digunakan untuk koneksi tiga fase. Dengan demikian, tiga kabel dialokasikan di bawah fase, satu di bawah netral atau nol dan satu di bawah pelindung, landasan. Penandaan warna, seperti dalam jaringan AC, serupa, sesuai dengan persyaratan GOST.


Dalam hal ini, titik yang penting adalah koneksi konduktor fase yang benar. Seperti dapat dilihat pada gambar, konduktor pelindung dibuat dengan jalinan kuning-hijau, dan kawat netral dibuat dengan warna biru. Warna yang diizinkan digunakan untuk fase.

Dengan menggunakan kabel lima kawat, dimungkinkan untuk menghubungkan jaringan 380 V dengan switch yang dieksekusi dengan benar.

Kabel gabungan

Untuk mengurangi biaya produksi dan menyederhanakan koneksi, dua atau empat kabel juga digunakan, di mana inti pelindung dikombinasikan dengan kawat netral. Dalam dokumentasi mereka dilambangkan dengan singkatan pen. Seperti yang Anda duga, ini terdiri dari huruf-huruf dari kabel nol (N) dan grounding (PE).

GOST memberi mereka tanda warna khusus. Dengan panjang mereka dicat dengan warna konduktor pembumian, yaitu, kuning-hijau. Ujung-ujungnya harus dicat biru, mereka juga menunjukkan semua titik koneksi.


Karena lokasi di mana sambungan dibuat tidak dapat ditentukan sebelumnya, pada titik-titik ini kabel PEN diisolasi menggunakan pita isolasi cambriches berwarna biru

Kabel dan penandaan tidak standar

Dengan membeli kabel baru, anda pasti akan memperhatikan tanda warna dari inti dan memilih opsi di mana itu diterapkan dengan benar. Apa yang harus dilakukan jika kabel sudah selesai, dan warna kabel tidak memenuhi persyaratan GOST? Output dalam hal ini sama dengan kabel PEN. Anda harus melakukan penandaan manual, setelah Anda memutuskan peran yang dilakukan oleh inti yang sesuai dengan peralatan. Pilihan sederhana adalah menggunakan pita warna untuk warna yang sesuai. Minimal, perlu untuk menunjuk kawat pelindung dan netral.

Dengan pemasangan profesional, dimungkinkan untuk menggunakan cams khusus, yang merupakan bagian berongga dari bahan insulasi. Mereka dibagi menjadi biasa dan menyusut.Yang terakhir tidak membutuhkan pilihan diameter, tetapi mereka tidak dapat digunakan kembali.


Ada juga penanda khusus dibuat, dengan penunjukan alfanumerik internasional. Mereka digunakan pada papan input distributor, misalnya, di gedung apartemen atau gedung administrasi.


Label digital, bersama dengan warna kawat, memungkinkan Anda untuk menentukan ke mana konsumen diberi daya.

Persyaratan tambahan

Karena garis, seperti kabel, dapat dilakukan menggunakan produk kabel yang berbeda, ada sejumlah aturan untuk interkoneksi mereka. Koneksi kabel tiga kawat ke kabel lima kawat harus dilakukan sesuai dengan tanda warna dari master ke slave. Dengan demikian, warna-ground grounding dan netral harus sama.

Koneksi fase, dalam hal ini, dilakukan menggunakan bus splicing. Di satu sisi, tiga pembuluh darah bergabung dengannya, di sisi lain, satu, yang akan menjadi fase di cabang baru.

Saat memasang sistem listrik rumah tangga, sesuai dengan persyaratan keselamatan, dilarang menggunakan kabel dengan aluminum, serta konduktor multi konduktor. Hanya kabel dengan inti tembaga padat yang harus digunakan.

Sistem arus searah tiga kawat

Dalam sistem DC, sistem tiga kawat juga digunakan, tetapi tujuan kabelnya berbeda. Pemisahan dilakukan dengan plus, minus, dan defensif. Menurut GOST di jaringan tersebut, tanda warna berikut diterapkan:

  • Nilai plus adalah coklat;
  • Yang minus berwarna abu-abu;
  • Nol berwarna biru.

Karena tidak praktis untuk memproduksi kabel untuk sistem arus searah, gradasi warna ini terutama digunakan untuk melukis busbar konduktif.

Kesimpulannya

Seperti yang Anda lihat, warri kabel di tukang listrik bukan kehendak produsen, tetapi ukuran yang ditujukan untuk memastikan persyaratan keselamatan. Dengan mematuhi aturan instalasi, jauh lebih mudah untuk melayani jaringan seperti itu, dan bukan hanya teknisi listrik, tetapi Anda dan saya, dapat memahami koneksi.

Video Terkait

Setiap kali saya memasang stopkontak listrik atau menghubungkan perangkat stasioner, muncul pertanyaan, apa warna kawat itu - fase? Atau apakah itu tanah? Kebingungan ditambahkan oleh fakta bahwa tidak semua kabel adalah VVG-3 asli kita dengan kabel putih, biru dan kuning-hijau. Ada juga Cina dengan kombinasi abu-abu + coklat + putih, ada juga kabel multicore kompleks, yang dapat dipahami hanya dengan buku referensi seorang ahli listrik.

Dalam kehidupan sehari-hari, semua pengkodean ini tidak sampai ke mana-mana, jadi kami akan fokus pada pengkabelan yang paling sederhana. Yang sederhana adalah kabel tiga inti dan tugas rumah tangga, misalnya, saluran keluar.

Kawat rumah tangga standar dengan warna putih, biru dan kuning-hijau

Coding, menandai dan sejarah

Ide membagi kabel dengan warna bukanlah hal baru - percobaan pertama, seperti yang ditarik oleh buku-buku lama, dilakukan dengan terminal dan kabel multi-warna. Kesederhanaan yang tidak rumit yang sama tetap ada di mobil - kabel biru dan merah hampir tidak membingungkan. Benar, kadang-kadang terjadi menjadi hitam, tapi itu cerita lain.

Ketika mempelajari kabel, kabel yang paling penting, meningukan warna bukan fase, tetapi tanah dan nol, fase selalu dapat ditemukan dengan bantuan detektor obeng atau (praktis) dioda apa saja. Tetapi untuk membingungkan warna bumi dan nol kadang-kadang menjadi hanya berbahaya, dan untuk menentukan apa warna fase kabel tanah nol harus di muka.

Warna kawat fase

Seperti yang telah ditunjukkan sebelumnya, tidak perlu mendefinisikan fase tertentu dengan warna - hampir selalu ada akses ke instrumen ini atau itu untuk penentuan. Beberapa "kebun binatang" dalam warna diamati karena fakta bahwa ada diperpanjang, standar non-rumah tangga untuk diferensiasi warna kabel, mereka digunakan oleh listrik nyata. Misalnya, cokelat mengatakan bahwa kawat untuk soket, dan merah untuk penerangan. Ini mempengaruhi beban dan parameter operasi yang diizinkan.

Warna kawat bumi

Grounding adalah kawat yang paling non-alternatif, selalu memiliki warna kuning-hijau. Ada penyimpangan, misalnya, kuning murni - ketika kawat diimpor. Jaringan menulis bahwa ada warna kuning-hijau-biru dari kawat, yang menunjukkan nol dan tanah gabungan.

Warna kawat nol

Minus adalah pilihan warna yang kecil - biasanya kabel biru, yang praktis di kabel apa pun, atau (sangat jarang) merah / ceri. Seperti yang dikatakan tentang bumi - untuk membingungkan kabel ini sangat tidak dianjurkan.


Kesimpulan

Kami memperbaiki skema warna umum:

  • Bumi - warna kawat kuning-hijau atau kuning;
  • Nol berwarna biru;
  • Fase - warna kawat berwarna putih, merah, coklat dan lainnya tidak dikenal.

RozetkaOnline.ru - Listrik di rumah: artikel, ulasan, petunjuk!

Penunjukan L dan N di listrik

Setiap kali Anda mencoba menghubungkan kandil atau tempat lilin, cahaya ambient atau sensor gerak, kompor atau kipas angin, termostat lantai atau catu daya LED, atau peralatan

Mari kita cari tahu notasi L dan N di ahli listrik.

Seperti yang Anda duga, itu bukan hanya simbol acak, masing-masing memiliki arti khusus dan berfungsi sebagai petunjuk untuk sambungan yang benar dari alat ke jaringan.

Penunjukan l di tukang listrik


"L" - Tanda ini berasal dari ahri listrik dari bahasa Inggris, dan itu dibentuk dari huruf pertama dari kata "Line" (garis) - nama umum dari kawat fase. Juga, jika Anda suka, Anda dapat fokus pada konsep-konsep kata-kata bahasa Inggris seperti Lead (kawat timah, vena) atau Live (hidup).

Dengan demikian, simbol L menunjukkan klem dan koneksi kontak untuk menghubungkan fase konduktor.Dalam jaringan tiga fase identifikasi alfanumerik (menandai) konduktor fase "L1", "L2" dan "L3".

Dengan standar modern (GOST R 50462-2009 (IEC 60446: 2007)), beroperasi di Rusia, warna kabel fase berwarna coklat atau hitam. Namun seringkali

Penunjukan n di listrik


"N" - tanda yang terbentuk dari huruf pertama kata Neutral (netral) adalah nama yang diterima secara umum dari konduktor nol kerja, di Rusia sering disebut hanya nol konduktor atau segera Zero (Null). Dalam hal ini, kata bahasa Inggris Null (nol) berhasil cocok, Anda dapat fokus padanya.

Penunjukan N di tukang listrik menandai klem dan koneksi kontak untuk koneksi dari nol konduktor kerja / kawat netral. Dalam hal ini, aturan ini beroperasi baik dalam satu fase dan jaringan tiga fase.

Warna kawat yang menandai kawat nol (nol, nol, nol konduktor kerja) sangat biru (biru) atau putih-biru (putih-biru).

Penandaan earthing


Jika kita list ber list se ut list k list list k k k k k k k k k k men men men men men men men u u u u u u u u u u u u u u u u u u u it it it it it it it it it it it it it it it it it per per per per per per per per per per per per per per ers ers ers ers Simbol ini menunjukkan klem, terminal atau koneksi kontak untuk menghubungkan kabel PE (Pelindung Pembumian), juga merupakan konduktor pelindung nol, tanah, tanah.

Tanda warna umum dari konduktor pelindung netral berwarna kuning-hijau. Kedua warna ini hanya diperuntukkan bagi kabel grounding dan tidak terjadi ketika menunjuk fase atau nol.

Sayangnya, seringkali, kabel di apartemen dan rumah kami dibuat dengan ketidakpatuhan terhadap semua standar dan aturan warna dan penandaan alfanumerik yang ketat untuk tukang listrik. Dan mengetahui tujuan tanda L dan N untuk peralatan listrik, kadang-kadang, tidak cukup, untuk koneksi yang benar. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca artikel kami "Bagaimana menentukan fase, nol dan membumi sendiri, improvisasi artinya?" Jika Anda memiliki keraguan, materi ini akan sangat berguna.

Related news

Kawatnya berwarna merah kuning biru. Penunjukan L dan N di listrik image, picture, imagery


Kawatnya berwarna merah kuning biru. Penunjukan L dan N di listrik 5


Kawatnya berwarna merah kuning biru. Penunjukan L dan N di listrik 37


Kawatnya berwarna merah kuning biru. Penunjukan L dan N di listrik 88


Kawatnya berwarna merah kuning biru. Penunjukan L dan N di listrik 70


Kawatnya berwarna merah kuning biru. Penunjukan L dan N di listrik 58